Waspada terhadap hewan kesayangan kalian!!! Banyak penyakit yang bakal menyerang tubuh anjing kesayangan kalian. Berikut ini informasi berbagai jenis penyakit yang biasa terjadi pada anjing…..

·         CACINGAN
Waspadai anjing kalian yang terkena cacingan! Karena cacing sangat berbahaya pada tubuh anjing. Cacing gelang dalam jumlah banyak pada tubuh anjing dapat menyebabkan anjing mati, adapun cacing tambang yang dapat menghisap darah hingga menimbulkan anemia, serta cacing pita yang timbul akibat ditularkan oleh kutu anjing.
Ciri-ciri anjing cacingan : mata belekan, kelopak mata dan lidah pucat, anjing kurus, dan pada kotoran nya terdapat darah segar.
Jika anjing anda sudah terlanjur cacingan berikut ada beberapa pengobatan yang cocok untuk anjing :
·         Obat cacing khusus hewan (biasanya diberikan 6 bl 1x)
·         Bisa juga diberi obat cacing manusia Combantrin tablet (for adult) / Combantrin sirup (for puppies)
·         Jika cacingnya sudah terlalu banyak dapat diberi Vermox 500 tablet
·         Jika kotoran anjing anda terdapat bercak darah , dapat diberi Triveksan untuk pengobatannya
Jika tambah parah, langsung dibawa kdokter aj yahhh JJ

·         KULIT           
Kulit si “teman” kesayangan anda adalah salah satu bagian yang sensitif yang dapat terkena berbagai macam penyakit. Penyakit2 yang sering diderita oleh anjing anda:
·         Scabies → penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit. Parasit tsb menimbulkan kegatalan shg anjing anda akan terus menggaruk2 badannya. Hati2 penyakit ini dapat menular ke manusia! Bawalah segera kdokter.
·         Ringworm → penyakit kulit ini disebabkan timbulnya jamur karena bulu anjing tidak kering/lembab setelah di grooming. Cirinya timbulnya kegundulan pada kulit  anjing seperti cincin dgn pinggirnya bewarna merah.

·         LEPTOSPIROSIS
Gejala yang timbul jika anjing anda terkena penyakit ini adalah demam, lesu dan tanda2 lain yang tidak jelas. Anjing anda dapat tertular penyakit ini dari kencing/urine tikus yang mencemari makanan/minuman anjing anda. Bersihkan lingkungan sekitar sehingga terhindar dari tikus!


·         DISTEMPER
Ciri-ciri anjing terkena penyakit ini : demam, gelisah, tidak napsu makan, mencret, ingusan, terdapat bintik2 merah pada kulit perut, kejang otot, bahkan kelumpuhan. Untuk mencagah penyakit ini sebaiknya berikan vaksinasi distemper secara berkala 1 th 1x (for adult), for puppies dimulai pd saat berumur 6 mgg/ 2 bl kemudian diulangi umur 3 bl dan 1 th.

·         BATUK
Tidak hanya manusia yang dapat terkena batuk, anjing pun dapat terkena penyakit ini. Anjing, terutama anjing muda sangat mudah terkena penyakit ini. pencegahannya pisahkan anjing yang sakit dan jaga suhu ruangannya, berikan antibiotik yang sesuai. Jika semakin parah segera bawa kdokter yahhh JJ

Category: 1 komentar

1 komentar:

Unknown mengatakan...

anjing aku gamau makan terus dia pas berak keluar darah itu kaya gimana ya?

Posting Komentar